Bacot Milenial


Destinasi Tersembunyi Maros

Assalamu alaikum Bacotersss...

Berbicara tentang destinasi di indonesia memang tidak ada matinya, pasalnya dari setiap kota yang ada di negara indonesia tercinta ini semua dikaruniai destinasi wisata, baik itu yang sudah terkenal maupun yang masih tersembunyi.

Kabupaten Maros adalah salah satunya, tempat kelahiranku ini memang menyimpan berbagai macam destinasi yang sangat bisa dijadikan tempat untuk berlibur dan melepas penat, destinasi yang sudah sangat terkenal seperti Bantimurung dan Ramman-Rammang, kali ini saya tidak ingin membahas keduannya tetapi saya ingin menunjukkan potensi wisata terbaru di kabupaten maros.



Jika kalian pecinta air terjun tempat ini sangat disarankan Bacoterss.. Air Terjun Pumbunga. Yah... Air terjun ini terletak di Desa Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Mungkin ada beberapa dari kalian yang sudah pernah menjejakkan kaki ke sini, tapi saya yakin masih banyak yang belum mengetahuinya ataupun telah mengetahuinya tapi tidak tahu cara untuk ke sana.

Eitssss... jangan takut Bacoterss... artikel ini hadir untuk mempermudah kalian bertemu dengan Air Terjun Pumbunga.

Buat kalian yang sudah pernah kesini, saya juga pernah merasakan apa yang kalian rasakan, jauhnya perjalanan, badan yang pegal-pegal, ingat dibalik kesusahan pasti ada kemudahan, pemandangan yang disajikan selama menuju ke sana sangat memanjakan mata, hijaunya gunung yang menyegarkan mata serta dinginnya udara membuat kita sangat segar dan menikmati perjalanan.


Untuk sampai di Air Terjun Pumbunga banyak Jalan yang bisa dilalui tergantung kalian dari mana, jika kalian dari Makassar kalian harus melalui Jl. Perintis Kemerdekaan lalu masuk ke BTP kemudian temabus di Pucak Maros terus ke Desa Masale lalu ke desa Bontomanai sampai Desa Bontosomba.

Lalu yang dari daerah Pangkep ke bawah.... ?

Tenang, masih ada alternatif lain, kali ini rute yang saya berikan sama seperti yang saya jalani ketika mengunjungi Air Terjun Pumbunga, baiklah pertama kalian harus menuju Jl. Bambu Runcing Maros kemudian menuju daerah Pakere terus ke Kecamatan Tanralili, lalu menuju Desa Masale dari sini tinggal menuju ke Desa Bontomanurung.

Untuk kalian yang berasal dari luar Sulawesi Selatan juga bisa memakai rute dari Maccopa kemudian ke Kecamatan Tanralili lalu ke Desa Bontomanurung. Ada satu rute lagi Bacoterss.. tapi sangat tidak disarankan yaitu melalui Batangase kemudian ke Kostrad Kariango lalu lanjut ke Pucak kemudian melewati jembatan gantung yang sangat berbahaya lalu langsung lanjut ke daerah Bontomanurung.

Bagaimana Bacoterss... rutenya tidak terlalu susah bukan apalagi sekarang kalian sudah bisa menggunakan Google Maps.
https://www.google.com/maps/@-4.9296384,119.581991,13z?hl=id

Perjalanan ke sana mungkin memakan waktu sekitar 1 jam lebih bahkan sampai 2 jam selain rute yang panjang, kondisi jalan yang cukup menantang membuat kita harus mempersiapkan mental dan fisik betul-betul prima sebelum berkunjung ke Air Terjun Pumbunga.

Kalau sudah sampai di sana dijamin semua rasah lelah akan terbayar oleh kondisi air terjun yang betul-betul masih alami, sejauh mata memandang semuanya masih hijau, airnya yang dingin sangat disarankan agar setelah tiba kalian langsung mencuci muka agar mendapat sensasi segar seketika.




Kalian juga bisa naik ke atas puncak air terjun melalui penanjakan di samping air terjun, tapi kalian harus berhati-hati karena jalanan yang sangat curam. Dari atas air terjun kalian bisa mengabadikan foto yang sangat keren.




Bagaimana Bacoterss... jangan ditunda-tunda lagi mumpung masih musim libur, ajak semua teman terdekat untuk menikmati indahnya ciptaan yang maha kuasa, yang tidak akan pernah tertandingi oleh apapun itu. Harapan saya kedepannya untuk pemerintah Kabupaten Maros agar mempermudah akses menuju Air Terjun Pumbunga, karena mau tidak mau ini merupakan aset kabupaten yang harus dimunculkan dan diperkenalkan sebagai destinasi yang tidak kalah menarik dibanding yang lainya.


Post a Comment

0 Comments